Menu Jamuan Jokowi dan Tiga Capres: Soto hingga Es Laksamana Mengamuk

Ameidyo Daud Nasution
30 Oktober 2023, 14:42
jokowi, capres, ganjar, prabowo, anies
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto (kedua kanan), Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) makan siang bersama saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Presiden Joko Widodo telah menjamu makan siang tiga calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Perjamuan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10).

Dalam agenda makan siang tersebut, keempat tokoh menikmati sejumlah hidangan. Dari keterangan pihak Istana Kepresidenan, menu makan siang terdiri dari nasi putih, soto lamongan, orange juice, hingga beberapa lauk.

Adapun lauk yang disajikan adalah sapi lada hitam, ayam kodok, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, hingga kaylan cah sapi. Adapun sajian penutupnya adalah es laksamana mengamuk.

Sebagai informasi, es laksamana mengamuk adalah sajian penutup dari Provinsi Riau. Isinya adalah kelapa muda yang dipadukan dengan nangka, sirop, serta diguyur santan.

Jokowi terlihat mengenakan atasan batik nuansa biru. Kursi sisi kanan Jokowi diduduki oleh Ganjar yang saat itu mengenakan batik merah. Sementara Prabowo yang mamakai batik cokelat-khaki menempati kursi di sebelah kiri Jokowi. 

Adapun posisi Anies Baswedan yang mengenakan batik cokelat putih berada di sisi seberang Jokowi. Suasana santap siang saat itu cukup hening, masing-masing dari mereka irit bicara dan hanya sesekali melempar senyum ke awak media.

Dalam sebuah kesempatan, Jokowi menunjukan gestur  menunjuk ke sebuah makanan yang berada di salah satu piring kepada Anies yang duduk di sisi seberang. 

"Pak Anies, ini sayurnya ini kelihatannya enak," kata Jokowi. 

"Iya, Pak," jawab Anies

Percakapan singkat juga diinisiasi oleh Ganjar Pranowo. Sembari menunjuk piring berisi lontong, Ganjar berkelakar bahwa Prabowo terbiasa menyantap lontong atau ketupat sebagai makanan utama. 

"Karena di kampungnya Pak Prabowo di Banyumas itu makannya enggak makan nasi. tapi pake lontong, kupat," kata Ganjar. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...