Isi Pembicaraan Jokowi dengan Tiga Capres: Singgung Netralitas

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Oktober 2023, 15:35
jokowi, prabowo, ganjar, anies
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama bakal calon presiden Prabowo Subianto (kedua kanan), Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) makan siang bersama saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Tiga calon presiden menceritakan pembicaraan antara mereka dengan Presiden Joko Widodo saat makan siang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10). Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menceritakan salah satu topik yang dibahas dengan Jokowi adalah soal netralitas pemerintah.

Anies mengatakan dalam pertemuan tersebut, Jokowi menitipkan pesan kepada tiga capres untuk mendukung upaya pemerintah menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri dalam Pilpres pada 14 Februari tahun depan.

Jokowi mengutamakan perhatian khusus pada upaya untuk mempertahankan netralitas di lingkup ASN yang kini menduduki jabatan stategis seperti penjabat (Pj) gubernur, Bupati dan Wali kota.

Jokowi telah menunjuk 23 Pj gubernur, 37 Pj walikota dan 133 Pj bupati untuk mengisi pos kepala daerah sampai dengan terpilihnya pemimpin definitif pada 2024 mendatang.

“Kami melihat itu pesan penting yang bisa membuat Pilpres aman dan damai karena penyelenggara negara menunjukkan sikap yang netral dan profesional,” kata Anies di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10).

Lebih lanjut, Anies mengatakan seluruh topik pembicaraan agenda makan siang saat itu cenderung membahas isu ringan dan ngobrol santai. "Kami tadi sampaikan ke beliau bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang yang sayang kepada Pak Presiden," ujar Anies.

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto saat makan siang bersama Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (30/10). Foto: Muhamad Fa
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto saat makan siang bersama Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (30/10). Foto: Muhamad Fa (Katadata)

Hal serupa juga disampaikan oleh Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung oleh PDIP, Partai Hanura, PPP dan Perindo. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menceritakan dialog makan siang tadi membahas perlunya kerja sama lintas sektor untuk menciptakan iklim pemilu yang damai.

"Demokrasi kalau tidak ada netralitas menjadi sangat parsial, menjadi berat sebelah," ujar Ganjar.

Sedangkan capres dari koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto mengapresiasi langkah Jokowi yang melaksanakan pertemuan privat dengan tiga capres siang ini. Dia menilai, pertemuan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi penyelenggarakan Pemilu yang kondusif.

"Kalau tidak diundang jarang kami bisa kumpul ya. Jadi presiden berharap suasana bagus dan para capres berharap suasana baik," ujar Prabowo.

Adapun jamuan santap siang itu dimulai sekira pukul 12.40 WIB. Anies, Ganjar dan Prabowo duduk di kursi yang diatur mengelilingi beragam makanan yang disajikan di atas sebuah meja bundar. Keempat sosok tersebut kompak mengenakan atasan batik motif parang.

Sejumlah menu yang terpantau yakni nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin hingga kaylan cah sapi. Adapun sajian minuman berupa jus jeruk, es laksamana mengamuk dan air mineral.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...