Puan Ungkap Rencana Bertemu Ganjar, Bahas Perbincangan dengan Jokowi

Ade Rosman
31 Oktober 2023, 17:12
Puan bertemu Ganjar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri) bersama Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kiri), Rachmat Gobel (kedua kanan), dan Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) memberikan keterangan pers terkait Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani mengatakan akan segera bertemu dengan calon presiden yang diusung PDIP Ganjar Pranowo. Pertemuan digelar berkaitan dengan agenda Ganjar yang telah bertemu dan makan siang dengan Presiden Joko Widodo. 

"Lagi mau ketemu sama Mas Ganjar," kata Puan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10). Meski begitu Puan tak mau menjelaskan detail rencana pertemuan dengan mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 

Di sisi lain Puan berkeyakinan hasil pertemuan dengan Jokowi sudah dibicarakan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Ke Ibu Mega belum tahu apakah sudah lapor atau tidak, tapi harusnya sudah memberitahukan," kata Puan.

Adapun, Jokowi telah mengungkapkan isi percakapan dirinya saat menjamu makan siang tiga calon presiden di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (30/10). Ia mengatakan, dialog yang berlangsung saat itu lebih fokus pada upaya menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan damai tanpa praktik kampanye negatif.

"Saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan dengan damai, tidak saling fitnah memfitnah dan kampanye negatif," kata Jokowi dalam rekaman suara di Kabupaten Gianyar Bali pada Selasa (31/10).

Jokowi juga meminta Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto agar tidak saling menjelekkan dan merendahkan capres lainnya. Presiden juga menggunakan forum santap siang kemarin untuk mengajak para capres melaksanakan kampanye bernuansa positif. Contohnya adalah adu program dan gagasan.

Pada hari ini giliran Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang bertemu dengan para calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka. Belakangan hubungan PDIP dengan Jokowi merenggang setelah putra Jokowi maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto. 

Prabowo merupakan capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju. Sedangkan PDIP mengusung Ganjar sebagai capres. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...