Survei KIC: 66,3% Pemuda Yakin Partisipasi Politik Pengaruhi Kebijakan

Ira Guslina Sufa
14 November 2023, 16:30
Survei Pemilu
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/nym.
Peserta membawa bendera partai politik saat Kirab Pemilu Tahun 2024 bertajuk Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa di Malioboro, Yogyakarta, Rabu (18/10/2023).

Survei terbaru yang dirilis Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan persepsi anak muda terhadap politik masih menunjukkan tendensi positif. Berdasarkan survei terbaru sebanyak 66,3% responden percaya bahwa partisipasi politik dapat berkontribusi dalam perumusan kebijakan publik. 

Merujuk survei yang dilakukan pada 11-17 Oktober 2023 itu hanya 18,5% anak muda yang tak percaya dampak positif dari partisipasi politik. Sedangkan 11,2% menyatakan sangat percaya pentingnya partisipasi politik terhadap perumusan kebijakan publik. Hanya 4 % responden yang sangat tidak percaya. 

Survei dilakukan dengan menggunakan metode riset kuantitatif terhadap 1.005 responden secara daring. Adapun populasi responden merupakan penduduk Indonesia di 34 provinsi dengan usia 17-42 tahun yang memiliki nomor telepon.

Tak cukup sampai di situ, Katadata Insight Center kemudian menanyakan kepada responden yang berasal dari kelompok muda ini mengenai bentuk partisipasi politik yang akan mereka lakukan terutama menghadapi pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Sebanyak 87,9% menyatakan mencoblos saat pemilu merupakan bentuk partisipasi yang akan dilakukan. 

Selain dalam bentuk mencoblos bentuk partisipasi politik lain yang muncul dalam survei adalah dengan mengadakan diskusi tentang politik [18,6%], Mengikuti pendidikan politik berupa diskusi dan seminar [16%], dan menjadi petugas Tempat Pemungutan Suara [15,3%]. Cara lain yang juga dipilih anak muda adalah dengan menjadi tim sukses atau relawan dan simpatisan partai atau calon legislatif [9,8%]. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...