Jokowi Ajak Ridwan Kamil Blusukan ke Proyek IKN, Ini Alasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 17:08
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memboyong Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil untuk mengikuti kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11).
Katadata/ Wahyu DJ
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memboyong Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil untuk mengikuti kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memboyong Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil untuk mengikuti kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11).

Ridwan Kamil ikut bersama rombongan menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Kang Emil diundang khusus oleh Jokowi untuk melihat langsung progres pembangunan IKN.

"Karena Kang Emil adalah seorang arsitek sehingga bisa memberikan masukan sesuai keahlian beliau," kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Rabu (1/11).

Kang Emil mengikuti seluruh rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke IKN, seperti seremoni peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Bandar Udara IKN, dan groundbreaking Rumah Sakit Mayapada Internasional Nusantara.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga bakal mengikuti acara groundbreaking proyek Hotel-Mal Pakuwon Nusantara, groundbreaking Nusantara Intercultural School, groundbreaking Rumah Sakit Hermina hingga groundbreaking Revitalisasi SD Negeri 020.

"Kang Emil akan mengikuti seluruh rangkaian kunjungan kerja di IKN. Dan semua rangkaian acara hari ini adalah kegiatan groundbreaking," ujar Ari.

Ridwan Kamil hadir di groundbreaking Bandara IKN< Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Ridwan Kamil hadir di groundbreaking Bandara IKN< Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Ridwan Kamil telah menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2023. Saat ini, ia ditugaskan Partai Golkar menjadi pimpinan badan pemenangan nasional calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Sesuai dengan tupoksi sebagai mantan Gubernur Jawa Barat, beliau prinsipnya siap menjalani penugasan dari Partai Golkar terhadap pemenangan Pilpres 2024," kata Maman di DPP Partai Golkar Jakarta pada Selasa (24/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...