Jubir Sebut Prabowo Nilai HAM Urusan Paling Penting: Itu Jadi Komitmen

Ade Rosman
2 November 2023, 17:25
ham, prabowo, gibran
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) memberikan sambutan didampingi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) dan perwakilan keluarga almarhum Brigjen TNI dr. H. Sudjiman, dr. Endro Subekti (kanan) saat meresmikan Rumah Sakit tingkat III Salak dr. H. Sadjiman di Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

Juru bicara Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan komitmen Ketua Umum Partai Gerindra itu pada penyelesaian masalah Hak Asasi Manusia (HAM).

Hal tersebut disampaikan Dahnil merespons tak tercantumnya program penyelesaian pelanggaran HAM dalam visi misi kandidat yang diusung Koalisi Indonesia Maju Prabowo - Gibran Rakabuming Raka.

"Dari awal Pak Prabowo bicara terkait dengan HAM itu jadi komitmen. Bahkan kalau anda perhatikan di Asta Cita itu, itu bagian pertama," kata Dahnil kepada wartawan di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (2/11).

Asta Cita merupakan 8 program hasil terbaik cepat (PHTC), 17 Program Prioritas serta Program Kerja yang diusung pasangan Prabowo - Gibran. Dahnil mengklaim, pembahasan HAM merupakan bagian penting dalam program program tersebut.

"Jadi terkait dengan HAM itu adalah bagian penting, bahkan itu menjadi ruh dari program Pak Prabowo dan Mas Gibran," katanya.

8 Misi Asta Cita yang diusung Prabowo - Gibran bersama Koalisi Indonesia Maju yakni sebagai berikut:

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan Hak Asasi Manusia (HAM).
2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.
3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.
4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.
7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.
8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antar umat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...