Top News: Sepak Terjang Pemilik Alexis, Makna Semangka dan Palestina

Aryo Widhy Wicaksono
4 November 2023, 05:50
Tirta Juwana Darmadji (Alex Tirta) menggunakan baju putih mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (3/11/2023). ANTARA/Ilham Kausar
Antara
Tirta Juwana Darmadji (Alex Tirta) menggunakan baju putih mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (3/11/2023). ANTARA/Ilham Kausar

Kasus dugaan pemerasan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, kini menyeret serta nama pengusaha Alex Tirta.

Pria bernama lengkap Tirta Juwana Darmadji itu dulu lebih dikenal sebagai pemilik Hotel Alexis dan ketua Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Nama Alex mencuat ke publik karena Polda Metro Jaya memanggilnya untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi, setelah sempat mangkir dari panggilan pertama karena alasan kesehatan.

Sepak terjang Alex Trita menjadi salah satu artikel terpopuler dan masuk jajaran Top News Katadata.co.id. Selain profil tersebut, ketahui juga mengenai kebijakan perubahan PPN untuk membeli rumah, serta temuan Dinas Kesehatan DKI mengenai cacar monyet.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Profil Alex Tirta, Pemilik Alexis yang Terseret Kasus Firli Bahuri

Nama Alex terseret pusaran perkara dugaan pemerasan Firli Bahuri lantaran ia menjadi orang yang membayarkan sewa rumah Firli yang digeledah KPK.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut rumah di Kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan itu disewa oleh Alex Tirta seharga kisaran Rp 650 juta per tahun.

Menurut Ade meski dibayarkan sewanya oleh Alex, rumah tersebut teridentifikasi disewa oleh Firli. Di sisi lain, Ade Safri tidak menjelaskan alasan Firli menyewa rumah tersebut, Ade hanya menjelaskan sudah memeriksa pemilik rumah berinisial E.

2. Viral Semangka Jadi Simbol Dukung Palestina, Ini Alasan dan Sejarahnya

Masyarakat dunia termasuk Indonesia menggunakan ikon semangka untuk mendukung Palestina. Apa alasannya? Dikutip dari Al Jazeera, setelah perang pada 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur, mereka melarang bendera Palestina di wilayah tersebut.

Semangka pun menjadi simbol protes atas penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina. Warna semangka yakni merah, hijau, putih dan hitam sama dengan bendera Palestina.

Oleh karena itu, banyak pendukung Palestina di seluruh dunia menggunakan gambar semangka pada kemeja, grafiti, poster atau bahkan emoji.

3. Bebas PPN Diperluas hingga Rumah Rp 5 M, Ini Detail Aturannya

Pemerintah memutuskan memperluas pemberian insentif pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah untuk pembelian rumah. Pada awalnya kebijakan tersebut hanya berlaku untuk rumah paling mahal Rp 2 miliar, kini diperluas menjadi paling mahal Rp 5 miliar.

Perluasan ini guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah tingginya ketidakpastian global. "Kami memperluas sampai rumah Rp 5 miliar, namun PPN DTP (pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah) hanya sampai Rp 2 miliar.," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK Jumat (3/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...