Indonesia Kirim 30 Ton Bantuan untuk Warga Palestina di Gaza Hari Ini

Desy Setyowati
4 November 2023, 07:39
palestina, bantuan untuk palestina, gaza,
Antara
Eskalasi konflik Palestina - Israel meningkat di Jalur Gaza, Minggu (8/10)

Pemerintah Indonesia menjadwalkan mengirim bantuan seberat 30 ton untuk warga Palestina di Gaza hari ini (4/11). Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan, sanitasi, makanan, kantong tidur, dan perlengkapan musim dingin.

Bantuan tersebut dihimpun dari Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, Kementerian Pertahanan alias Kemenhan, PMI, Baznas, dan Forum Zakat.

“Kami pastikan semua bantuan yang dikirim merupakan yang pasti bisa masuk. Jadi, ketimbang mengirim sesuatu yang mubazir, sebelum berangkat kami memastikan dulu barang-barang itu bisa masuk ke Gaza,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal pada Jumat (3/11).

Dia tidak memerinci barang apa saja yang akan dikirim ke Gaza, tetapi memastikan Indonesia tidak akan memberi bantuan yang dipersulit masuk seperti alat penyaring air atau tabung oksigen.

Bantuan untuk warga Palestina tersebut akan diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara El Arish di Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Bantuan bakal diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk kemudian disalurkan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...