Top News: Kondisi Luhut di Singapura, Puisi Menlu Retno Buat Palestina

Aryo Widhy Wicaksono
6 November 2023, 05:50
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ditemani istri saat menjalani pemulihan di Singapura
Instagram @luhut.pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ditemani istri saat menjalani pemulihan di Singapura, Sabtu (4/11).

Satu bulan lebih Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, berada di Singapura untuk menjalani perawatan dan pemulihan, setelah kondisi kesehatannya sempat menurun awal Oktober lalu.

Melalui akun @luhut.pandjaitan di media sosial Instagram, Luhut membagikan kabar terbarunya setelah dokter memintanya untuk bedrest atau istirahat total.

Selama di Singapura, Luhut mengaku hanya ditemani tim dokter, istri, anak, dan seorang ajudan di negeri singa tersebut.

Kabar terbaru mengenai Luhut menjadi salah satu artikel tepropuler dan masuk Top News Katadata.co.id. Selain kondisi terbaru Luhut, simak juga puisi dari Menlu Retno Marsudi untuk Palestina, serta syarat bagi rumah tangga yang wajib izin ke Kementerian ESDM jika ingin menggunakan air tanah.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kabar Terbaru Luhut Setelah Sakit, Berambut Putih dan Dijenguk Jokowi

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, membagikan kabar terbarunya setelah menjalani pemulihan di Singapura. Luhut bahkan membagikan foto penampilan terbarunya yang kini berambut putih.

"Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab—semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam. “Papa, focus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.” Begitu ucapan istri dan anak saya," tulis Luhut, Sabtu (4/11).

Dia mengatakan, menjalani pemulihan jauh dari rumah ternyata pilihan paling bijak. Hal itu terlihat dari progress kondisinya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini.

2. Luhut Ungkap Alasan Pilih Pengobatan di Singapura, Bukan di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan alasan dirinya memilih pemulihan di Singapura. Luhut telah menjalani proses pemulihan di Singapura setelah sakit sejak sebulan lalu.

"Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura," ujar Luhut melalui akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Sabtu (4/11).

Luhut mengatakan, sebelumnya dia menjalani pengobatan RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Dua rumah sakit tersebut memberikan tindakan medis awal pada Luhut.

Namun, dirinya akhirnya menjalani pengobatan di Singapura setelah mendapatkan tawaran dari sahabatnya Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Vivian Balakhrisnan. Selain itu, keluarga juga berharap agar mantan Dubes Singapura itu bisa mendapatkan lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal.

3. Puisi Menlu Retno Marsudi Bela Palestina

Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia menggelar Aksi Damai Bela Palestina pada Minggu pagi (5/11), di Monas, Jakarta. Sejumlah tokoh nasional hingga menteri kabinet disebut akan hadir hari ini.

Salah satu menteri yang hadir dalam aksi ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Video Retno dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Palestina, Kamis (26/10), ditayangkan dalam aksi ini.

Video Retno di sidang PBB yang menunjukkan sikap Indonesia membela Palestina dengan mengecam keras tindakan Israel ini viral dan banyak menuai pujian masyarakat. Retno dengan lantang juga menyuarakan kekecewaan Indonesia terhadap PBB dalam mengatasi konflik Israel dengan Palestina.

Dalam Aksi Bela Palestina, Retno juga telah menyiapkan puisi yang dia tulis sendiri untuk Palestina. Dia pun membacakan puisi ini dalam aksi tersebut.

Simak puisi Rento dalam aksi bela Palestina.

4. Ini Syarat Rumah Tangga yang Harus Izin ke ESDM Jika Gunakan Air Tanah

Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengeluarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 291.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Standar Penyelenggaraan Persetujuan Penggunaan Air Tanah. Dalam peraturan tersebut, sebagian rumah tangga wajib mendapatkan izin ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) jika ingin menggunakan air tanah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid, mengatakan masyarakat (rumah tangga) yang wajib berizin adalah rumah tangga dengan pemakaian air tanah lebih dari 100 m3 per bulan. Sementara rumah tangga dengan pemakaian air tanah di bawah 100 m3 per bulan tidak memerlukan izin.

"Jangan khawatir, sebagian besar rumah tangga di Indonesia tidak memerlukan izin , karena pemakaiannya rata-rata hanya 20-30 m3 per bulannya, jauh di bawah 100 meter kubik per bulan," ujar Wafid, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (4/11).

Dia menyebut 100m3 atau 100.000 liter adalah jumlah yang sangat besar. Jumlah itu setara dengan 200 kali pengisian tandon air dengan volume 500 liter atau setara dengan pengisian 5.000 galon volume 20 liter.

5. Sejarah Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Tampung Ribuan Warga Palestina

Rumah Sakit Indonesia menjadi harapan satu-satunya warga Palestina di Gaza utara di tengah meningkatnya serangan Israel ke daerah tersebut. Lebih dari 2.000 warga Palestina mengungsi di Rumah Sakit (RS) Indonesia.

"RS Indonesia merupakan rumah sakit terbesar di Gaza utara, sehingga banyak korban luka-luka maupun meninggal dilarikan ke sini," kata Relawan organisasi kemanusiaan MER-C, Fikri Rofiul Haq, dikutip dari Antara, Sabtu (4/11).

Dia mengatakan, RS Indonesia merupakan satu-satunya rumah sakit dengan fasilitas yang cukup memadai di Gaza utara. Namun, RS Indonesia saat ini sedang mengalami krisis energi akibat tidak adanya aliran listrik.

Tempat itu kini hanya mengandalkan dua generator untuk menjalankan kegiatannya. Sayangnya, satu dari dua generator tersebut rusak, sedangkan satu generator yang masih berfungsi terkendala pasokan bahan bakar yang terbatas.

Terbatasnya bahan bakar disebabkan oleh blokade Israel yang membuat pasokannya tidak dapat masuk ke Jalur Gaza. "RS Indonesia sebenarnya mempunyai panel surya, tetapi itu hanya bisa menyala siang hari dan kekuatan listriknya tidak bisa menghidupkan semua (peralatan rumah sakit), sehingga satu generator itu selalu menyala 24 jam," ucap Fikri.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...