Kabar Terbaru Luhut Setelah Sakit, Berambut Putih dan Dijenguk Jokowi

Tia Dwitiani Komalasari
4 November 2023, 13:34
Presiden Joko Widodo menengok Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjiatan di Singapura.
Instagram @luhut.pandjaitan
Presiden Joko Widodo menengok Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjiatan di Singapura.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, membagikan kabar terbarunya setelah menjalani pemulihan di Singapura. Luhut bahkan membagikan foto penampilan terbarunya yang kini berambut putih.

Melalui akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Luhut bercerita jika dirinya sudah menjalani proses pemulihan di Singapura selama satu bulan lebih. Dia mengaku hanya ditemani tim dokter, istri, anak, dan seorang ajudan saat awal berobat di negeri singa tersebut.

"Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab—semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam. “Papa, focus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.” Begitu ucapan istri dan anak saya," tulis Luhut, Sabtu (4/11).

Dia mengatakan, menjalani pemulihan jauh dari rumah ternyata pilihan paling bijak. Hal itu terlihat dari progress kondisinya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini.

"Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya," ujarnya.

Luhut Ditemani Istri
Luhut Ditemani Istri (Instagram @luhut.pandjaitan)

Dijenguk Jokowi

Luhut mengatakan, dirinya juga sudah mulai menerima kunjungan, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekat. Kunjungan tersebut membuat Luhut merasa mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali.

Luhut pun membagikan rahasianya yang bisa membuat dia sembuh meskipun usianya tidak muda lagi. Jawabannya ada dua hal, yaitu karena sikap pantang menyerah yang saya pelajari semasa di Kopassus. Kedua, dan yang paling penting adalah kasih dan pertolongan Tuhan YME.

"Ada pepatah mengatakan bahwa kita tak akan pernah mengetahui arti sesuatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit," ujarnya.

Dia pun mengingatkan agar selalu ingat dan waspada dalam setiap ucapan dan tindakan. "Manusia seperti kita hanyalah kepingan kecil dihadapan takdir dan kuasa Tuhan, maka dari itu kita tidak boleh menyombongkan diri," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan sakit pada Jumat (6/10). Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, mengkonfirmasi kebenaran kabar Luhut yang sakit. 

Jodi menyatakan, Luhut dalam keadaan baik, tapi dianjurkan oleh dokter untuk bedrest atau istirahat total di tempat tidur. “Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta. Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan bedrest guna mempercepat pemulihan kesehatannya,” kata Jodi, Jumat malam (6/10).   

Setelah dirawat di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, Luhut kemudian berangkat ke Singapura untuk melakukan pemulihan. Kabar itu dibagikan Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...