Hasto Pastikan Gibran Sudah Kembalikan KTA, Bukan Kader PDIP Lagi

Ira Guslina Sufa
6 November 2023, 09:38
PDIP soal Gibran
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi Edi Purwanto (kiri) memberikan keterangan pers usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi di Jambi, Sabtu (29/7/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Gibran Rakabuming Raka kini sudah tak lagi tercatat sebagai kader partai berlambang banteng. Menurut Hasto putra Presiden Joko Widodo yang juga Wali Kota Surakarta itu  telah mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) PDIP dan telah resmi pamit dari partai. 

"Ya sudah. Jadi, sudah diselesaikan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta karena Mas Gibran menerima KTA dari DPC Kota Surakarta sehingga tidak lagi beranggota PDI Perjuangan karena sudah pamit," kata Hasto seperti dikutip, Senin (6/11). 

Hasto menjelaskan keluarnya Gibran dari PDIP telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik di internal maupun ketentuan perundang-undangan. Ia menyebut sesuai ketentuan calon presiden dan calon wakil presiden diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. Adapun  PDIP telah mengusung Ganjar Pranowo - Mahfud MD bersama Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, dan Hanura. 

"Ini berbeda dengan undang-undang tentang partai politik sehingga otomatis ketika seseorang sudah dicalonkan partai lain, ya, otomatis KTA-nya tidak boleh rangkap," kata ​​​​​Hasto lagi. 

Menurut Hasto posisi Gibran sebagai putra presiden tak berarti membuat ia bisa memiliki kartu tanda anggota lebih dari satu partai. Ia pun mengatakan partainya telah menerima pamitnya Gibran sehingga kini pencalonan Gibran sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju tak lagi berkaitan dengan PDIP. 

Dikuningkan Golkar

Pada kesempatan berbeda Hasto juga menyampaikan ia telah mendapat informasi bahwa Gibran kini telah tergabung dengan Partai Golkar. Informasi itu menurut Hasto langsung ia dapatkan dari petinggi partai golkar yang mengusung Prabowo - Gibran di pilpres. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...