Jokowi Panggil Moeldoko, Bahas Harga Cabai dan Kendaraan Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
6 November 2023, 13:33
moeldoko, jokowi, cabai, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) didampingi Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya (kanan) meninjau Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (22/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk meminta laporan sejumlah hal. Beberapa di antaranya membahas perkembangan investasi mobil listrik dan pergerakan harga kebutuhan pokok dalam negeri.

Moeldoko mengatakan bahwa dirinya melaporkan kondisi harga cabai yang mencapai Rp 100 ribu per kilogram (kg). Selain itu, dia juga menyampaikan pasokan beras domestik mencukupi hingga akhir tahun meski harga di pasaran masih belum stabil.

"Saya sampaikan perlu waspada harga cabai, kemudian harga beras belum stabil meski pemerintah sudah impor untuk menambah pasokan," kata Moeldoko saat ditemui wartawan usai pertemuan tersebut.

Merujuk data panel harga cabai rawit merah di Badan Pangan Nasional atau Bapanas, rata-rata harga komoditas tersebut secara nasional di pedagang eceran pada Senin (6/11) pukul 12.00 berada di Rp 70.820 per kg.

Harga cabai rawit merah di sejumlah wilayah di Jawa seperti DKI Jakarta, Kota Tangerang dan Kabupaten Majalengka menembus Rp 100 ribu per kg. Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung.

Selain itu, Moeldoko juga melaporkan komitmen investasi dari produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast senilai US$ 1,2 miliar atau sekira Rp 18,6 triliun. Menutut Moeldoko, besaran investasi tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. "Untuk lokasinya sedang ditentukan," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Moeldoko, masuknya VinFast ke dalam pasar mobil listrik di Indonesia nantinya bakal meramaikan pilihan produk kepada masyarakat. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gaikindo mencatat volume penjualan wholesale mobil listrik berbasis baterai atau di Indonesia mencapai 1.329 unit pada Agustus 2023.

Angka tersebut naik 24% dibanding Juli 2023, serta lebih tinggi 30% dibanding Agustus tahun lalu.

"Vinfast salah satu perusahaan kendaraan listrik besar di kawasan Asia Tenggara dan sudah ekspor ke Eropa dan Amerika Serikat," kata Moeldoko yang menjabat Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) itu.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...