Presiden FIFA akan Buka Piala Dunia U-17 di Surabaya Bersama Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
10 November 2023, 07:48
piala dunia u-17, fifa, jokowi,
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Warga berdiri di depan dekorasi instalasi bertema Piala Dunia U-17 di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggelar tiga kegiatan bersama Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino sepanjang hari ini, Jumat (10/11). Tiga kegiatan tersebut akan dilaksanakan di dua kota, yakni Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menguraikan agenda pertama adalah penganugerahan tanda kehormatan bintang jasa dari presiden kepada Gianni Infantino di Istana Negara pada pagi ini dan dilanjutkan oleh peresmian Kantor FIFA di Jakarta sekira pukul 13.15.

"Hari ini, rencananya akan dijadwalkan pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA," kata Ari kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat WhatsApp pada Jumat (10/11).

Ari melanjutkan, keduanya juga akan hadir bersama dalam pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya. Ajang dua tahunan yang diikuti oleh 24 negara konsestan itu digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Melansir laman Persatuan Sepak Bola Indonesia alias PSSI, pergelaran Piala Dunia U-17 berlangsung di Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Surakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Tim U-17 Indonesia tergabung di Grup A dan bermain di Stadion Gelora Bung Tomo. Asuhan Bima Sakti itu akan memulai laga melawan Ekuador pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan Panama versus Maroko juga di grup yang sama akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB.

Tim Garuda Junior berada di Grup A bersama Ekuador, Maroko dan Panama. Sementara Grub B diisi oleh Spanyol, Mali, Uzbekistan dan Kanada. Kemudian Grup C beranggotakan Brasil sebagai juara tahun bertahan, Inggris, Iran dan Kaledonia Baru. Adapun Grup D ada Jepang, Argentina, Senegal dan Polandi.

Selanjutnya, Grup E dihuni oleh Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Bukina Faso. Terakhir Grup F beranggotakan Meksiko, Jerman, Selandia Baru dan Venezuela.

Piala dunia U-17 di Indonesia tahun merupakan penyelenggaraan ke-19 sejak pertama kali dilangsungkan di Cina pada 1985. Saat itu, Nigeria berhasil menumbangkan Jerman Barat dengan skor 2-0.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...