Koalisi Masyarakat Sipil Minta Pemasangan Baliho oleh Polisi Diusut

Lona Olavia
12 November 2023, 19:08
Koalisi Masyarakat Sipil Minta Dugaan Pemasangan Baliho Gibran oleh Polisi Diusut
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Seorang petugas melintas di dekat tumpukan atribut partai saat penertiban oleh Satpol PP di Depok, Jawa Barat, Kamis (6/7/2023).

Dugaan kuat pemasangan baliho Prabowo - Gibran yang dilakukan oleh polisi karena ada instruksi dari atasan menambah panjang masalah baru dalam Pemilu dan demokrasi Tanah Air. 

Informasi dari beberapa sumber media massa yang menyebutkan pemasangan baliho Prabowo - Gibran yang diduga kuat dilakukan oleh polisi di Jawa Timur membuktikan terjadinya kondisi ketidaknetralan polisi dalam proses Pemilu.

“Kami menilai dalam negara demokrasi dan negara hukum, tugas dan fungsi utama polisi adalah menjalankan penegakan hukum dan menjaga keamanan ketertiban masyarakat sesuai mandat Konstitusi UUD 1945 dan UU Polri No. 2 Tahun 2002. Bukannya terlibat politik praktis dengan mendukung salah satu kandidat presiden melalui pemasangan baliho,” kata keterangan resmi Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemilu Demokratis, Minggu (12/11).

Pemasangan baliho oleh polisi, menurut Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemilu Demokratis jelas menciderai sikap netral polisi dan merupakan bentuk kecurangan Pemilu.

“Kami memandang dugaan pemasangan baliho oleh polisi semakin menunjukkan bahwa kekuasaan Presiden Jokowi terus menggunakan semua kekuataannya untuk memenangkan anaknya dalam Pemilu 2024,” tulis Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemilu Demokratis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...