Sandiaga Akui Akar Rumput PPP Terbelah Soal Capres, Ada Pendukung AMIN

Ade Rosman
13 November 2023, 08:44
Sandiaga
ANTARA FOTO/Siswowidodo/YU
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno berbicara di depan kader PPP saat Rapat Koordinasi Pemenangan Pemilu 2024 di Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (16/7/2023).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan Sandiaga Uno mengakui adanya perbedaan arah dukungan dari akar rumput partai dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Sandi membenarkan ada dukungan dari pemilih PPP kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). 

"Pasti, pasti ada (akar rumput PPP yang mendukung pasangan Amin). Di semua partai juga seperti itu dan itu fenomena yang telah menjadi realita,” ujar Sandiaga di Yogyakarta seperti dikutip dari rekaman video Senin (13/11). 

Advertisement

Menurut Sandiaga, adanya perbedaan sikap di akar rumput PPP dalam menentukan calon presiden menjadi pekerjaan rumah partai. Hal itu lantaran PPP telah mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk maju sebagai capres dan cawapres di pilpres. 

“Justru itu PR bagi kami untuk meyakinkan saudara-saudara kami di seluruh wilayah Indonesia melihat apa yang PPP perjuangkan,” kata Sandiaga. 

Sandiaga yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu enggan menilai negatif terkait adanya perbedaan dukungan suara di internal PPP itu. Menurut dia, berkaca pada pengalamannya saat menjadi calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto di 2019 lalu maka perbedaan pendapat itu hal biasa. 

Ia menyebut pada pemilu 2019 saat maju sebagai pasangan capres dan cawapres mendampingi Prabowo, ia mendapat dukungan dari banyak partai dan bahkan dari pemilih partai kubu lawan. “Saya di 2019 juga sebagai seorang calon banyak berkampanye di seluruh titik masyarakat, dipilih Prabowo-Sandi 45 persen pemilih, hampir setengah masyarakat dan itu dari beragam partai,” kata Sandi.

Berdasarkan pengalamannya itu, Sandiaga memilih untuk tak menanggapi dengan sudut pandang negatif berkenaan dengan perbedaan pendapat yang ada. Meski begitu, ia berharap internal PPP dapat mendukung pemenangan Ganjar-Mahfud.

“Karena Partai Persatuan Pembangunan itu kuncinya adalah persatuan ukhuwah, jadi kami menyampaikan saudara-saudara kami untuk lebih memahami apa yang kami perjuangkan, dan pada saatnya akan memilih PPP, dan tentunya kami berharap berkontribusi kepada pemenangan Pak Ganjar,” kata Sandi lagi. 

Saat ini PPP telah bersepakat bersama PDIP, Perindo, dan Hanura mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Di sisi lain, Anies-Muhaimin telah mengantongi dukungan dari Koalisi Perubahan yang diisi oleh Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement