Survei Terbaru: Suara Prabowo dan Anies Naik, Ganjar Turun di Jawa

Ade Rosman
10 November 2023, 11:07
Survei
Katadata
Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Survei terbaru yang digelar lembaga Populi Center menunjukkan adanya trend kenaikan suara Prabowo Subianto di pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan survei yang digelar pada 29 Oktober - 5 November 2023, dalam simulasi tiga pasangan capres nama Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama dengan suara 43,1 %. 

Dari survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 1.200 responden itu, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan kedua dengan suara 23%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih 22,3%. Pada survei itu terdapat 10% responden yang belum menentukan pilihan dan 1,6% tidak menjawab. 

Manager Public Opinion Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan terdapat beberapa faktor yang menjadi pendongkrak naiknya suara Prabowo - Gibran. Menurut Hartanto terdapat terdapat pergeseran yang cukup signifikan dari pemilih pemula berusia di bawah 35 tahun yang banyak memilih Prabowo. 

“Pada data survei September lalu, Prabowo didukung oleh 39,4 %, sementara Ganjar Pranowo 36,3 %, dan Anies Baswedan 18,8 %. Namun ketika Prabowo - Gibran berpasangan, dukungan dari pemilih berusia  di bawah 35 tahun meningkat menjadi 54,7 %, sedangkan dukungan terhadap pasangan Ganjar - Mahfud turun drastis menjadi 15,3 %, dan Anies - Muhaimin menjadi 19,1 %,” ujar Hartanto seperti dikutip Jumat (10/11). 

Lebih jauh ia mengatakan elektabilitas terbuka Prabowo Subianto mengalami peningkatan cukup tinggi dari 26,8 persen pada September menjadi 35,1 persen di bulan November. Pada top of mind cawapres, nama Gibran mengalami peningkatan elektabilitas yang cukup tinggi, yakni dari 1,5 % di bulan September menjadi 25,9 % di November awal. 

Survei Populi Center juga menunjukkan terjadinya kenaikan dukungan untuk Prabowo dari pemilih di Pulau Jawa. Pada September lalu suara Prabowo di Pulau Jawa hanya 31,7 % naik menjadi 40 % setelah berpasangan dengan Gibran. Dari segi agama kenaikan dukungan untuk Prabowo tercatat datang dari pemilih Protestan yaitu 29,2 % pada September naik menjadi 46,3% pada November awal. 

Dukungan pemilih yang berafiliasi dengan NU terhadap Prabowo juga meningkat dari 40,8 % pada September, menjadi 45,6 persen. Sementara yang cukup signifikan berasal dari pemilih yang berafiliasi dengan Muhammadiyah dari 38,9 % pada September menjadi 57,9 % pada November.

“Prabowo juga mendapat dukungan dari pemilih Jokowi Ma’ruf Amin di pilpres 2019 dari 32 % pada September menjadi 38,6 % pada November,” ujar Hartanto. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...