DPR Setuju Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

Ade Rosman
13 November 2023, 13:50
DPR
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
(dari kiri) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Wakil Ketua Komisi I DPR Teuku Riefky Harsya, Abdul Kharis Almasyhari, Sugiono, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saling berjabat tangan sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi isu pertahanan menyetujui pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Kesimpulan itu didapatkan usai rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Senin (13/11).

Selain menyetujui menunjukan Agus Subiyanto, komisi I DPR juga menyetujui pemberhentikan Laksamana TNI Yudo Margono. “Memberikan apresiasi atas dedikasinya,” ujar Meutya membacakan hasil rapat internal. 

Meutya mengatakan, tak ada catatan tambahan dalam hasil yang dibacakannya itu. Namun pesan yang dititipkan pada Agus yakni netralitas TNI, profesionalitas prajurit, juga kesejahteraan prajurit. Agus merupakan calon tunggal Panglima TNI pengganti Yudo yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Meutya mengatakan, tahapan selanjutnya yakni perwakilan Komisi I DPR akan mengunjungi kediaman Agus, sebagai syarat verifikasi faktual. Kemudian, Komisi I akan bersurat ke pimpinan DPR untuk mengagendakan pembicaraan di rapat Paripurna.

"Insyaallah diagendakan 21 November. Jadi untuk disahkan di Paripurna rencana 21 November," kata Meutya.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan Agus menyampaikan sejumlah hal yang akan menjadi prioritas saat menjabat Panglima TNI. Agus menyebut visinya sebagai calon panglima ingin menjadikan TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif (PRIMA) visi serupa juga diterapkan Agus Subiyanto untuk TNI Angkatan Darat.

"Dalam rangka membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," kata Agus saat menyampaikan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...