OIKN Gandeng Cisco dan Microsoft untuk Proyek Kota Cerdas di IKN

Happy Fajrian
19 November 2023, 16:27
kota cerdas, ikn nusantara, ikn, microsoft, cisco
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023).

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng empat perusahaan teknologi informasi (IT) asal Amerika Serikat (AS), di antaranya Cisco dan Microsoft, untuk membangun kota cerdas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, OIKN berhasil melahirkan total lima kesepakatan kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan empat perusahaan teknologi dan institusi pendidikan.

Empat perusahaan teknologi ternama dari Amerika Serikat yang menandatangani MoU dengan OIKN tersebut adalah Cisco, Autodesk, Microsoft, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI). Penandatanganan MoU dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

“Ini menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan dunia internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern yang cerdas, berkelanjutan, berketahanan, hijau, dan inklusif,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono, di Jakarta, Minggu (19/11).

Cisco berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas, seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas, seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Perusahaan teknologi AS berikutnya yakni Autodesk berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...