Bahasa Indonesia Naik Kelas Jadi Bahasa Resmi Konferensi Umum UNESCO

Ira Guslina Sufa
21 November 2023, 13:47
Bahasa Indonesia jadi bahasa resmi UNESCO
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Sejumlah siswa mendengarkan cerita saat mengikuti perayaan bulan bahasa dan sastra di SDN Anyelir 1, Depok, Jawa Barat, Selasa (25/10/2022).

Bahasa Indonesia ditetapkan menjadi bahasa resmi pada Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO. Penetapan itu diumumkan pada Senin (20/11) di Markas Besar UNESCO Paris, Prancis.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra dan Monako, Mohamad Oemar, mengatakan penetapan tersebut menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ke-10 yang diakui Konferensi Umum UNESCO. Sebelumnya UNESCO sudah menetapkan bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia, Hindi, Italia, dan Portugis sebagai bahasa resmi. .

"Bahasa Indonesia telah menjadi kekuatan penyatu bangsa sejak masa pra-kemerdekaan, khususnya melalui Sumpah Pemuda di tahun 1928, sehingga mampu menghubungkan etnis yang beragam di Indonesia," kata Oemar seperti dikutip Selasa (21/11). .

 Penetapan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi UNESCO ditandai dengan diadopsinya Resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sesi pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO.  

Oemar menyebutkan, bahasa Indonesia, dengan lebih dari 275 juta penutur, telah mendunia dengan masuknya kurikulum Bahasa Indonesia di 52 negara. Saat ini, setidaknya ada 150.000 penutur asing dilaporkan tercatat aktif berbahasa Indonesia.

 "Kepimpinan aktif Indonesia di tataran global telah dimulai sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955, yang menjadi bibit terbentuknya kelompok negara non-blok. Indonesia memiliki komitmen kuat untuk melanjutkan kepemimpinan dan kontribusi positif untuk dunia internasional," ujar dia.

 Kontribusi tersebut, lanjut dia, ditandai dengan kolaborasi bersama negara-negara lain dalam mengatasi tantangan global. Indonesia misalnya mengambil peran keketuaan di forum G20 tahun 2022 dan ASEAN tahun 2023 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...