Bentrok Massa Bela Palestina vs Ormas Bitung, Polri: Situasi Kini Aman

Ade Rosman
27 November 2023, 12:36
bitung
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan situasi di Kota Bitung Sulawesi Utara sudah normal usai bentrokan yang melibatkan massa aksi bela Palestina dengan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) pada Sabtu (25/11) lalu. Ia menyebut koordinasi dengan lintas bidang terus dilakukan untuk memastikan situasi aman. 

"Yang jelas, sampai dengan hari ini Pangdam, Kapolda, dan seluruh stakeholder bersama-sama bekerja untuk mengimbau agar peristiwa yang terjadi tidak terulang lagi," kata Sigit kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Kapolri mengimbau masyarakat untuk tak berkonflik berdasarkan pada provokasi. Ia berharap masyarakat bisa menahan diri agar konflik tidak meluas.

"Apa yang disampaikan jangan membuat kemudian memecah belah kerukunan yang ada," kata Sigit.

Sebelumnya, rekaman video bentrokan yang terjadi di Bitung itu ramai beredar di mesia sosial. Dari potongan video yang beredar, sejumlah massa terlihat membawa bendera Israel.

Tangkap 7 Orang Terlibat Bentrok Bitung

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto membantah bawa bentrok tersebut terkait sentimen antara massa pro Palestina dan Israel, lantaran salah satu masa bukan golongan pro israel. Ia menyebut bentrokan terjadi secara insidentil. 

"Makanya itu dari masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi bela terhadap Palestina," kata Setyo dalam keterangannya, Minggu (26/11).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...