Jadwal Debat Capres Belum Juga Keluar, Timnas AMIN Sentil KPU

Amelia Yesidora
28 November 2023, 18:07
kpu, debat, anies, amin
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kedua kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kanan) bersama Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus (kanan) dan Wakil Kapten Timnas AMIN Sudirman Said (kiri) mengumumkan sejumlah nama baru anggota Timnas AMIN di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin alias Timnas AMIN menyesalkan belum adanya jadwal debat capres menjelang Pemilu 2024. Mereka mengatakan,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) seharusnya sudah merilis jadwal debat karena masa kampanye sudah dimulai. 

“Jangan sampai mereka memang tidak siap untuk menyukseskan Pilpres 2024,” kata Juru Bicara Timnas AMIN Muhammad Ramli Rahim dalam keterangan tertulis, Selasa (28/11). 

Menurut Ramli, jadwal yang dirilis ini bisa merugikan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pasalnya, mereka akan butuh persiapan serius sebelum debat. 

Captain Timnas AMIN Syaugi Alaydrus mengaku belum memperoleh jadwal dari KPU. Namun ia yakin KPU sudah menetapkan jadwal debat capees. 

“Kami belum tahu saja, pasti ada nanti jadwalnya,” katanya saat ditemui wartawan di Bogor, Selasa (28/11). 

Lebih lanjut Syaugi mengatakan timnya tetap ingin hadir dalam debat. Menurutnya, debat bisa menunjukkan kemampuan AMIN pada masyarakat dan mendongkrak elektabilitas pasangan. 

“Beliau sangat siap.” kata Syaugi menjelaskan kesiapan Anies.

Sebelumnya Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin menetapkan pelaksanaan debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali. Rinciannya, tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres. 

“Persis dengan apa yang terjadi di Pilpres 2019,” kata Afif pada konferensi pers, Kamis (2/10).

KPU bilang debat ini akan berlangsung selama masa kampanye Pilpres 2024, yaitu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Meski begitu, belum ada jadwal pelaksanaan debat yang pasti.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...