Cerita Maruli di Balik Tangisan Luhut saat Pelantikan KSAD

Muhamad Fajar Riyandanu
29 November 2023, 16:11
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat pelantikan KSAD Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat pelantikan KSAD Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen (TNI) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pada hari ini. Saat acara pelantikan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menangis haru menyaksikan pelantikan menantunya.

Maruli mengatakan momen haru karena Luhut pernah memiliki cita-cita menjadi KSAD saat masih aktif di kedinasan militer. Cita-cita itu tak sempat diraih hingga Luhut memasuki masa pensiun pada 1998 dengan jabatan terakhir sebagai Komando Pembina Doktrin, Pendidkan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat).

Advertisement

"Pak Luhut dulu juga punya cita cita jadi KSAD, cuma ya sekarang cukup mantunya saja," kata Maruli kepada wartawan, Rabu (29/11).

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu menikah dengan putri sulung Luhut, Paulina Panjaitan pada Januari 1999.

Maruli mengatakan dirinya mendapat informasi mengenai pelantikan KSAD pada Selasa (28/11) sore. Maruli lantas membagikan kabar tersebut kepada Luhut melalui pesan singkat WhatsApp. Menurut cerita Maruli, Luhut antusias untuk hadir dalam pelantikan hari ini.

Maruli mengatakan Luhut akan segera terbang ke Singapura untuk kembali menjalani perawatan medis pada Kamis besok. "Besok kembali lagi, malamnya kami ada acara di rumah," ujar Maruli. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement