Luhut Menangis Tersedu Menyaksikan Maruli Dilantik Jadi KSAD

Ameidyo Daud Nasution
29 November 2023, 14:37
luhut, maruli simanjuntak, ksad
Youtube/Sekretariat Presiden
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat pelantikan KSAD Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hari ini menghadiri pelantikan Letjen (TNI) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Luhut hadir mengenakan setelah resmi pejabat negara dengan celana hitam dan kemeja putih berbalut jas hitam. Dia juga mengenakan dasi merah dan kopiah hitam sebagai penutup kepala.

Saat proses pelantikan Maruli, Luhut berdiri di tengah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Luhut juga menjadi salah satu orang yang menyelamati menantunya itu usai Presiden Joko Widodo. Terlihat, Luhut sempat menangis usai memeluk Maruli dan istrinya yakni Paulina Pandjaitan. Sebagai informasi, Maruli merupakan menantu Luhut usai menikahi putri sulung Luhut, Paulina Pandjaitan pada 1999.

Pelantikan Letjen (TNI) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presi
Pelantikan Letjen (TNI) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presi (Youtube/Sekretariat Presiden)

Beberapa waktu belakangan ini, Luhut menghabiskan seluruh kegiatannya di Singapura usai dirawat di rumah sakit. Saat ini dia juga telah mampu beraktivitas secara terbatas.

"Saya memutuskan menjalani tahap pemulihan di Singapura sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi lebih komprehensif terkait kondisi kesehatan saya," kata Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10).

Jokowi serta beberapa tokoh lainnya juga sempat menjenguk Luhut di Negeri Singa. Ia juga sempat dikunjungi oleh utusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yakni John Kerry.

Dia bahkan tidak bisa menjawab atau membalas pesan di ponsel secara langsung, melainkan melalui ajudannya. Hal itu tidak lepas dari permintaan keluarganya. “Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu--Begitu ucapan istri dan anak saya," tulis Luhut.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...