KPU Gandeng BSSN dan Bareskrim Cek Dugaan 204 Juta Data Pemilih Bocor

Ade Rosman
30 November 2023, 07:39
kpu, data pemilih bocor, jimbo
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/Spt.
Petugas KPU Kota Bogor menunjukkan kotak suara Pemilu 2024 di gudang penyimpanan logistik KPU Kota Bogor, jalan KH Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) buka suara terkait dugaan kebocoran data pemilih yang berasal dari situs web KPU. Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Betty Epsilon Idroos mengatakan pihaknya telah mengetahui informasi dugaan kebocoran itu sejak Senin (27/11) sore.

"KPU langsung menginformasikan kepada BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Bareskrim dan instansi terkait lainnya," kata Betty dalam keterangan resmi, Rabu (29/11) malam.

Setelah itu, KPU lalu memeriksa Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan menonaktifkan akun-akun pengguna Sidalih sebagai upaya penanganan dugaan kebocoran data.

"KPU berkoordinasi dengan BSSN, Bareskrim, pihak pengembang, dan instansi terkait lainnya untuk mendapatkan data-data dan bukti-bukti digital terkait informasi data breach tersebut," kata Betty. 

Betty mengatakan, KPU dan sejumlah lembaga juga melakukan analisis berdasarkan hasil pengecekan bersama. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi pelaku jika benar ada pembocoran data.

"Seperti analisis log akses, analisis manajemen pengguna, dan analisis log lainnya yang diambil dari aplikasi maupun server yang digunakan," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...