Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Luncurkan Abu Vulkanik 1.500 Meter

Image title
3 Desember 2023, 13:40
Gunung Anak Krakatau
ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
Ilustrasi, foto udara letusan gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Gunung Anak Krakatau kembali mengeluarkan erupsi pada Minggu (3/12) pukul 11.38 WIB. Ini merupakan erupsi ketiga yang terjadi hari ini.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi gunung yang berada di perairan Selat Sunda tersebut, dilaporkan meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dari puncak

Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 milimeter (mm) dan durasi lebih kurang 1 menit 2 detik. PVMBG mengamati kolom abu berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

Mengutip Antara, Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi mengatakan Gunung Anak Krakatau kini berada pada status level III atau siaga.

PVMBG merekomendasikan masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif. Ia mengatakan, pemukiman terdekat dari Gunung Anak Krakatau terdapat di Pulau Sebesi yang berjarak 16,5 kilometer.

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III, siaga, dengan rekomendasi masyarakat, nelayan, pendaki gunung, tidak mendekati gunung dengan radius lima kilometer," ujarnya, dilansir dari Antara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...