28 dari 70 Pendaki Dievakuasi dari Jebakan Erupsi Gunung Marapi

Happy Fajrian
4 Desember 2023, 08:30
gunung marapi, erupsi, erupsi gunung
ANTARA FOTO/Septiyadi/Lmo/Spt.
Gunung Marapi menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12/2023). Gunung Marapi erupsi dengan tinggi kolom 3.000 meter di atas puncaknya.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) terus mengupayakan evakuasi para pendaki yang terjebak erupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12).

Berdasarkan data sistem booking online BKSDA Sumbar dan yang telah check in di pintu masuk Batu Palano berjumlah 57 orang. Sedangkan dari pintu masuk Koto Baru berjumlah 13 orang.

“BKSDA Sumbar beserta masyarakat Nagari (desa) Batu Palano dan Koto Baru sedang berjibaku mengevakuasi pendaki, dan saat ini sedang berusaha menghubungi para pendaki,” kata Pelaksana Harian Kepala BKSDA Sumbar Eka Dhamayanti di Padang, dikutip Senin (4/12).

Eka mengatakan data terakhir pukul 16.55 WIB, semua pendaki yang naik dari Koto Baru yakni 13 orang sudah turun. Sementara dari pintu Batu Palano yang turun baru berjumlah 15 orang. Sehingga totalnya 28 orang.

Saat ini Gunung Marapi berada pada level II atau kategori Waspada. Pihak berwenang telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi di antaranya masyarakat yang bermukim di sekitar gunung, pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius tiga kilometer dari kawah/puncak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...