Anies Janji Bangun Kereta Kalsel Jika Jadi Presiden, Bakal Gaet Jonan

Amelia Yesidora
5 Desember 2023, 16:54
anies, jonan, kereta api
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan (kanan) didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun (kiri) saat mengunjungi kantor PWI Pusat di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan membangun dua proyek di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bila terpilih menjadi presiden. Dua poyek tersebut adalah pembangunan kereta api yang menghubungkan Banjarmasin–Banjarbaru serta pembangunan Wasaka International Stadium. 

Anies juga memberikan bocoran sosok yang akan direkrut untuk membangun kereta api. Orang tersebut adalah mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

“Kalau nanti kami membangun kereta api, maka orang pertama yang kami undang adalah Pak Jonan. Karena Pak Jonan ini yang paling paham dan beliau obyektif,” kata Anies saat dijumpai wartawan di Banjarmasin, Selasa (5/12).

Ia menilai Jonan adalah sosok yang punya integritas dan terbukti sukses mengembangkan transportasi Indonesia. Jonan pun bukan anggota partai dan tidak terlibat dalam politik. 

Adapun gagasan pembangunan rel kereta api antara Banjarmasin-Banjarbaru ini tercetus karena daerah ini butuh transportasi umum massal yang representatif.

Ia menilai dua kawasan itu punya intensitas lalu lintas cukup tinggi tapi tidak punya fasilitas transportasi umum. Setelah pembangunan rel antara dua kota itu rampung, maka akan dilanjutkan ke rute lain di wilayah Kalimantan. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...