Rincian Tema dan Format Debat Capres Cawapres, Kontestan Hadir Bersama

Ira Guslina Sufa
7 Desember 2023, 06:12
Debat
ANTARA FOTO/Nadia Putri Rahmani/wpa/rwa.
Peserta dan maskot Pemilu 2024 Sura membawa spanduk informasi pemungutan suara saat kegiatan KPU Goes to Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merampungkan persiapan menghadapi debat calon presiden dan calon wakil presiden yang akan digelar selama lima kali jelang pemilu. Keputusan diambil dalam rapat koordinasi dengan tim pemenangan dari ketiga pasangan capres dan cawapres. 

Rapat yang digelar pada Rabu (6/12) itu sekaligus menjawab perdebatan di publik mengenai format debat yang akan dilaksanakan. Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan calon presiden (capres) akan sepenuhnya berbicara selama debat khusus capres. Begitu juga sebaliknya, pada debat khusus cawapres yang akan berbicara adalah para cawapres.

"Soal beliau berdiskusi atau tidak kan urusan capres-cawapres; yang bicara saat debat capres, ya, capres yang bicara. Saat debat cawapres, yang bicara itu, ya, cawapres," kata Hasyim dalam konferensi pers seperti dikutip Kamis (7/12). 

Hasyim mengatakan dalam setiap pelaksanaan debat capres-cawapres nanti, semua paslon akan saling mendampingi. Dengan begitu ia mengatakan KPU memberi kesempatan kepada semua pasangan baik capres maupun cawapres untuk hadir bersama ke lokasi debat. 

“Kemudian, soal nanti tampilnya didampingi atau tidak, nanti kami bicarakan bagaimana," ujar Hasyim lagi. Meski begitu ia kembali menegaskan bahwa pada saat debat yang diperbolehkan berbicara adalah capres saja dan juga sebaliknya.

Sebelumnya KPU telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres untuk bertarung di pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar yang mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD yang mendapat nomor urut 3. 

Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024
Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

Jadwal Debat Capres Cawapres

Sesuai kesepakatan nantinya KPU akan menggelar lima kali debat. Menurut Hasyim debat pertama, ketiga dan kelima akan menjadi debat capres. Sedangkan debat kedua dan keempat akan menjadi forum debat antar cawapres. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...