Alam Ganjar, Anak Ganjar Pranowo yang Berprestasi Sejak Masih Sekolah

Safrezi Fitra
13 Desember 2023, 14:23
Alam ganjar, profil alam ganjar, anak ganjar pranowo
Instagram @alamganjar
Alam Ganjar dan Ganjar Pranowo

Beberapa waktu lalu media sosial sempat diramaikan dengan sosok Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Anak tunggal calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ini kerap diajak ayahnya untuk menghadiri acara-acara kenegaraan.

Beberapa media masa mengundangnya untuk wawancara. Banyak warganet yang menyanjung Alam Ganjar, karena kecerdasannya saat menjawab pertanyaan-pertanyaan di beberapa program podcast di media sosial.

Tak hanya memiliki paras yang rupawan, Alam juga dikenal sebagai siswa berprestasi dan kerap mengharumkan nama sekolah, bahkan bangsa. Bagaimana sosok Muhammad Zinedine Alam Ganjar? Berikut ulasannya:

Profil Alam Ganjar

Muhammad Zinedine Alam Ganjar lahir di Semarang pada 14 Desember 2001. Putra pasangan Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh ini dibesarkan di Semarang sejak kecil hingga SMA.

Setelah lulus dari SMA Negeri 3 Semarang, Alam mengikuti jejak ayahnya berkuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Bedanya, Alam memilih jurusan Teknik Industri, sedangkan Ganjar lulusan Hukum.

Sejak masih di bangku sekolah, Alam sudah menunjukkan prestasi di ajang internasional. Dia pernah memenangkan medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan pada 2015. Alam Ganjar berhasil menjuarai lomba internasional tersebut saat masih duduk di SMPN 2 Semarang.

Pada 2019, Alam juga menorehkan prestasi dari ajang internasional. Bersama timnya, dia meraih juara tiga dalam ajang 2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di Manila, Filipina, 10-14 Maret lalu.

Saat itu Alam bersama teman-temannya di Sagasco SMAN 3 Semarang membawa produk andalan usaha mereka, yaitu Echoes dan Whynotes, alas kaki dan binder multifungsi. Produk ini merupakan buatan tangan yang berbahan dasar eceng gondok dan dipadukan dengan batik. Adapun Alam menjabat sebagai Presiden Direktur Sagasco Student Company, perusahaan yang dimiliki oleh siswa siswi SMA Negeri 3 Semarang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...