Cawapres Mahfud Terapkan Strategi Ini untuk Kerek Suara Pemilih NU

Syahrizal Sidik
9 Desember 2023, 11:49
Cawapres Mahfud Terapkan Strategi Ini untuk Kerek Suara Pemilih NU
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym
Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) menyampaikan pidato saat dialog kebangsaan di Margahayu, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2023). Pada kegiatan tersebut Mahfud MD juga berziarah ke makam Syeikh Muhammad Muhajirin Amsar dan silaturahim dengan warga sekitar.

Pasangan cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD gencar keliling pesantren guna mengerek suara dari kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU). Sebab, berdasarkan hasil riset teranyar dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasangan Ganjar Mahfud masih tertinggal dari Prabowo-Gibran.

Mengutip hasil survei itu, tingkat keterpilihan pasangan Ganjar - Mahfud berada di angka 36,5%, lebih rendah dibanding Prabowo Gibran yang sebesar 44,6%. Sedangkan, pasangan Anies-Muhaimin sebesar 15% dan sekitar 3,9% pemilih NU belum menjawab. 

Meski keterpilhan pemilih NU lebih kecil, pasangan ini unggul dari pemilih kalangan Muhammadiyah dengan potensi keterpilihan sebesar 52,6% dibanding Prabowo-Gibran 19,4%, dan Anies-Muhaimin 21,1% sebagaimana terangkum dalam databoks berikut:

Menurut Mahfud, pemilih warga Muhammadiyah relatif lebih rasional dari kelas menengah ke atas. Pilihannya itu biasanya sudah final, berdasar pada pertimbangan sendiri. Sedangkan, bagi Nahldiyin biasanya akan mengikuti arahan guru atau para kyai. 

"Oleh sebab itu untuk kalangan nahdliyin, saya tidak banyak membuat acara-acara yang masif tapi kita silaturohim dengan kyai-kyainya saja,” tutur Mahfud, dalam perbincangannya dengan Mahyu Wuryadi alias Om Why pada program Gultik Katadata, dikutip Sabtu (9/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...