Jadwal Debat Capres Cawapres 2024 dan Temanya

Tia Dwitiani Komalasari
9 Desember 2023, 21:14
Pekerja sedang menyiapkan venue untuk debat capres perdana di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (9/12).
ANTARA/Muhammad Ramdan
Pekerja sedang menyiapkan venue untuk debat capres perdana di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (9/12).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat calon  presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024. Debat capres perdana akan dilangsungkan pada Selasa (12/12).

Pada Sabtu (12/9), KPU mulai mempersiapkan panggung untuk debat perdana Capres yang berlangsung pekan depan. Panggung debat terlihat melingkar, dengan tempat duduk penonton lebih tinggi layaknya tribun di stadion sepak bola.

Advertisement

 "Kapasitasnya 800 orang," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu (9/12).

Sebelumnya KPU telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres untuk bertarung di pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar yang mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD yang mendapat nomor urut 3. 

Jadwal Debat Capres dan Temanya

Debat Pilpres 2024 akan dilangsungkan lima kali, terdiri dari debat Capres tiga kali dan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Semua debat akan dilangsungkan di Jakarta. Setiap pasangan calon diperkenankan membawa 75 pendukung untuk menghadiri debat secara langsung.

Adapun jadwal dan tema pilpres adalah:

Debat Pilpres Pertama

Berlangsung pada 12 Desember 2023. Debat pertama ini akan membahas tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat Pilpres Kedua 

Berlangsung pada 22 Desember 2023.  Tema debat kedua akan membahas tema ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat Pilpres Ketiga

Berlangsung pada 7 Januari 2024. Tema debat ketiga akan membahas  pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. 

Debat Pilpres Keempat

Berlangsung pada 21 Januari 2024. Tema debat keempat akan membahas pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat Pilpres Kelima

Berlangsung pada 4 Februari 2024. Tema debat kelima membahas kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

11 Panelis Debat Perdana

Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan 11 panelis untuk debat perdana calon presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, pada Selasa (12/12).

August Mellaz mengatakan mereka yang menjadi panelis merupakan sosok yang kompeten di bidangnya. Dari daftar nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat yang pertama," kata August.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement