Survei Kompas: Prabowo - Gibran Unggul, Jumlah Pemilih Bimbang Naik

Ira Guslina Sufa
11 Desember 2023, 07:46
tiga capres terkuat 2024
Katadata
Survei tiga capres terkuat 2024

Survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden dan calon wakil presiden dengan elektabilitas tertinggi. Survei digelar pada 29 November - 4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden.

Berdasarkan survei tersebut pasangan nomor urut 2 Prabowo - Gibran meraih elektabilitas 39,7 %. Selanjutnya pada urutan kedua ada pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan suara 16,7% mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan suara 15,3%.

Advertisement

Bila dibanding survei Kompas sebelumnya yang dirilis Agustus 2023 suara Prabowo - Gibran naik signifikan dari 31,3% menjadi 39,7%. Bila dilihat dari sebaran daerah, elektabilitas pasangan nomor urut 2 ini mengalami kenaikan di seluruh wilayah. Di Jawa suara Prabowo - Gibran naik dari 28,8% menjadi 36,7%.

Berkebalikan dengan Prabowo, pasangan Ganjar - Mahfud justru mengalami penurunan signifikan. Pada survei Agustus menurut Litbang Kompas pasangan nomor urut 3 ini berada di atas Prabowo - Gibran dengan suara 34,1%. Namun pada survei terbaru pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura dan Perindo hanya meraih 18% suara atau turun 16,1%.

Menurut Kompas, salah satu pendongkrak suara Prabowo adalah faktor Gibran. Dibanding Mafud dan Muhaimin, elektabilitas Gibran lebih tinggi yaitu 37,3%, dibanding Mahfud 21,6% dan Muhaimin 12,7%.

"Melebarnya jarak elektabilitas Ganjar dan Prabowo tak lepas dari pergeseran dukungan yang terjadi pada pemilih PDIP dan pemilih Jokowi," tulis Kompas dan rilis survei yang dikutip Senin (11/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement