Elektabilitas Capres Berbagai Survei Terbaru: Prabowo - Gibran Unggul

Agustiyanti
11 Desember 2023, 07:24
Prabowo-gibran, hasil survei, elektabilitas prabowo-gibran, anies-muhaimin, ganjar-mahfud
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Warga mendengarkan orasi politik calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat menghadiri kegiatan doa bersama 2000 kiai se-Banten di Aula Mulyadi Jayabaya, Jalan Rangkasbitung-Pandeglang, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (3/12/2023). Sebanyak 2.000 ulama Banten mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pilpres 2024.

Hasil survei terbaru yang digelar LSI, Indikator Politik, dan Kompas menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon atau paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka paling tinggi dibandingkan dua paslon lainnya. 

Hasil survei nasional Lembaga Survei Indonesia atau LSI terbaru periode 3-5 Desember 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul jauh dibandingkan dua paslon lainnya yakni berada di angka 45,6%. Pasangan calon Ganjar-Mahfud menyusul di posisi kedua dengan elektablitas 23,8%, sedangkan Anies-Muhaimin berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 22,3%.

"Angka untuk Prabowo-Gibran itu cenderung meningkat dibandingkan dengan Oktober 2023. Anies-Muhaimin juga cenderung mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober 2023; sedangkan Ganjar-Mahfud cenderung turun penurunan dibandingkan dengan Oktober 2023," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Minggu (10/12). 

Survei LSI yang dilakukan pada Oktober 2023 mendapati elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 35,9%,  Ganjar-Mahfud 26,1%, serta Anies-Muhaimin 19,6%. Djayadi menyebut, tingkat responden yang menyatakan "belum menjawab" juga turun dari 18,3% pada Oktober menjadi 8,3% pada Desember.

Menurut dia, banyak masyarakat yang belum menentukan pilihan pada survei Oktober kini berpindah ke pasangan Prabowo - Gibran. Sebagian suara yang diperoleh Ganjar juga turun dan beralih ke Prabowo. "Sedangkan Anies, tidak mendapatkan dampak negatif dari kenaikan suara Prabowo, malah mengalami kenaikan," kata dia.

Djayadi menjelaskan, alasan kebanyakan responden memilih Anies-Muhaimin adalah karena ingin adanya perubahan. Sementara itu, alasan responden yang memilih Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud juga cenderung serupa, yakni melihat pasangan itu sebagai sosok yang paling mampu memimpin. 

Target populasi dalam survei LSI ini adalah WNI 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui melalui metode pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...