Jokowi Beberkan Tiga Kunci untuk Hadapi Visi Indonesia 2045

Nur Hana Putri Nabila
12 Desember 2023, 18:46
Jokowi Beberkan Tiga Kunci untuk Hadapi Visi Indonesia 2045
BRI
Presiden Joko Widodo

Pijar Foundation menggelar The Futurist Summit, konferensi dengan tema futuris pertama di Indonesia. Acara tersebut mengumpulkan lebih dari 1.100 pemimpin strategis dari beragam sektor dan generasi di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mengkatalisasi kolaborasi dan membantu membentuk visi Indonesia pada 2045.

Presiden Joko Widodo turut hadir memberikan sambutan pada acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa di masa depan, akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya terkait perubahan iklim.

Perubahan iklim tersebut menyebabkan dunia mulai mengarah pada green economy, blue economy atau ekonomi berbasis lingkungan bumi dan perairan yang berkelanjutan. Di sisi lain, disrupsi teknologi, advanced robotic dan artificial intelligence atau kerobotan serta kecerdasan buatan juga telah menumbuhkan ekonomi baru.

"Agenda mempersiapkan masa depan harus semakin kita perkuat, mulai penguasaan terhadap future knowledge, future technology, dan future skills harus semakin ditingkatkan," kata Jokowi di acara The Futurist Summit, Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta Selatan, Selasa (12/12), 

Di samping itu, Jokowi menekankan pentingnya memperkuat rencana untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Hal ini mencakup meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap pengetahuan, teknologi, serta keterampilan yang akan menjadi kunci di masa depan.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...