Anies Klaim jadi Gubernur DKI yang Beri Izin Rumah Ibadah Terbanyak

Agustiyanti
13 Desember 2023, 07:01
anies, debat pertama capres, rumah ibadah, gubernur DKI jakarta, gubernur DKI
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti debat perdana Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengklaim dirinya adalah gubernur DKI Jakarta yang paling banyak memberikan izin pembangunan rumah ibadah sepanjang sejarah. Klaim ini disampaikan Anies saat menjawab pertanyataan calon presiden nomor urut 2 terkait keluhan kelompok minoritas yang kesulitan membuat rumah ibadah dalam debat pertama capres pada Senin (13/12). 

Anies menyebut, banyak memberikan izin rumah ibadah saat menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Ia menagtakan, 
 izin-izin pendirian gereja di Jakarta mandek selama 30 hingga 40 tahun berhasil dituntaskan saat dirinya memimpin ibu kota. 

"Dalam sejarah Gubernur Jakarta, yang paling banyak memberikan izin rumah ibadah adalah Gubernur Anies Baswedan," ujar Anies saat debat capres pertama 2024 di Jakarta, Selasa (12/12). 

Ia mengatakan, tak hanya memberikan banyak izin kepada umat nasrani untuk membangun gereja, tetapi juga umat Budha dan Hindu untuk membangun rumah ibadah. Anies mengaku selalu turun tangan jika ada perizinan pembangunan rumah ibadah yang bermasalah.  

"Ini termasuk ketika umat Islam ingin mendirikan masjid tidak bisa mendapatkan izin saya bicara, ketika umat kristin ingin membangun gereja dan tidak mendapatkan izin, saya juga bicara, semua akhirnya mendapatkan izin untuk ibadah," kata dia. 

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah gereja di DKI Jakarta memang meningkat pada 2022 jika dibandingkan dengan 2017 sebelum Anies menjabat sebagai gubernur. Ada 1.293 gereja protestan dan 47 gereja katolik pada 2022. Jumlah ini naik dari 1.098 gereja protestan dan 45 gereja katolik pada 2017.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...