Rekrutmen CPNS 2024, Pengangkatan Tenaga Honorer Bakal Jadi Prioritas

Ira Guslina Sufa
13 Desember 2023, 18:53
CPNS 2024
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi Kejaksaan di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan akan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipili (CPNS) 2024 nanti diperkirakan akan lebih banyak untuk menjaring lulusan baru atau fresh graduate. Usulan itu menurut Azwar telah disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo. 

“Kami melaporkan perlunya fresh graduate yang lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji dalam minggu ini untuk didalami,” ujar Azwar Anas seperti dikutip Rabu (13/12). 

Menurut Azwar saat ini ia bersama tim di Kemenpan RB tengah menghitung berapa keperluan calon aparatur sipin negara atau CASN yang akan direkrut pada 2024. Adapun posisi-posisi yang akan lebih banyak disorot adalah dokter, guru, hingga talenta-talenta digital. 

Selain itu Azwar mengatakan pada 2024 mendatang, pemerintah masih akan  fokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN sesuai dengan mandat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Meski begitu ia menekankan pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk merekrut talenta-talenta baru.

Menurut dia, arah kebijakan pemenuhan ASN tahun 2024 juga masih diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni guru dan tenaga kesehatan. Proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diperuntukkan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...