Partai Gerindra Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ini Alasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Desember 2023, 20:30
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat Pembukaan Jambore Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA) ke-3 tingkat Jawa Timur di Taman Wisata Nangkula Park Boyolangu Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (12/11/2023). Jambore BUMDESA yang d
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat Pembukaan Jambore Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA) ke-3 tingkat Jawa Timur di Taman Wisata Nangkula Park Boyolangu Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (12/11/2023). Jambore BUMDESA yang diikuti oleh perwakilan ratusan kepala desa se-Jawa Timur tersebut selain merupakan ajang pengenalan produk masing-masing BUMDESA, juga diharapkan mampu menekan lagi angka kemiskinan ekstrem di tingkat desa dengan membuka peluang kerja sama di bidang ekonomi

Langkah Partai Gerindra yang mendukung Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Jatim) tahun depan dinilai menjadi salah satu upaya mengerek suara pemilih Prabowo-Gibran.

Terutama dari basis masa warga Nahdliyin, dalam hal ini Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024. Selain menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah saat ini merupakan Ketua Umum PP Muslimat NU.

Dukungan Gerindra terhadap Khofifah disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo di Hotel Double Tree Surabaya pada Ahad (10/12). Untuk pertama kalinya, Gerindra mengusung Khofifah maju di Pilkada Jawa Timur.

Peneliti lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan bahwa Khofifah merupakan figur yang memiliki basis massa di kelompok pemilih yang berafiliasi dengan NU.

Saidiman menganggap manuver Gerindra dapat dilihat sebagai upaya awal menggaet Khofifah untuk aktif dalam kegiatan kampanye Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Khofifah dinilai sebagai sosok potensial untuk meningkatkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

“Dengan catatan bahwa Khofifah ikut bergerak, tidak hanya sebatas pernyataan publik bahwa Gerindra mendukung Khofifah. Khofifah punya mesin politik yang bisa digerakkan,” kata Saidiman saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (13/12).

Menurut Saidiman, kehadiran Khofifah di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dapat menambal kekurangan mesin kampanye Prabowo-Gibran pada kelompok pemilih NU, khususnya Jawa Timur. Selain itu, kehadiran Khofifah sebagai figur politik NU Jawa Timur di KIM dapat menjadi kepingan pelengkap bagi tim penenangan Prabowo-Gibran.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...