Epidemiologi: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir dengan Omicron EG.5

Yuliawati
Oleh Yuliawati
15 Desember 2023, 17:08
Warga menggunakan masker saat berjalan di Jakarta, Jumat (8/11/2023). Namun, masyarakat diminta tak perlu khawatir dengan Omicron EG.5.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Warga menggunakan masker saat berjalan di Jakarta, Jumat (8/11/2023).

Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren peningkatan terutama di 21 provinsi dalam kurun beberapa pekan terakhir. Dominasi Covid-19 merupakan jenis sub-varian EG.5 yang merupakan turunan dari varian Omicron.

Namun, ahli Epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyatakan kehadiran virus Covid-19 subvarian Omicron EG.5 di Indonesia tidak perlu terlalu dikhawatirkan oleh masyarakat.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena subvarian ini memiliki tingkat keparahan yang rendah,” kata Windhu saat dihubungi di Jakarta, Jumat (15/12).

Ia menyatakan gejala yang muncul pada kasus Omicron EG.5 itu semakin ringan, bahkan sebagian besar tanpa gejala.

"Meski ada peningkatan kasus, tapi tidak ada tekanan berlebihan pada fasilitas layanan kesehatan di rumah sakit. Ketersediaan ruang isolasi masih di bawah 60 persen, belum mencapai angka kritis seperti pada kasus sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan saat ini fasilitas kesehatan, khususnya ruang inap untuk pasien Covid-19, kembali digunakan untuk pasien biasa atau umum.

"Saat ini, kita melihat bahwa rumah sakit telah mengembalikan ruang inap untuk pasien biasa. Omicron EG.5 memang hanya subvarian, namun transmisibilitasnya lebih tinggi daripada varian sebelumnya," kata Windhu.

Menurut dia, vaksinasi dan edukasi kepada masyarakat tentang virus tersebut masih penting.

Ia mengatakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta mematuhi protokol kesehatan harus menjadi budaya yang diterapkan secara konsisten oleh masyarakat.

“Vaksinasi dan penerapan PHBS harus terus ditingkatkan, tapi pembatasan perjalanan tidak lagi diperlukan,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...