Anies Tawarkan Program Bansos Plus, Apa Beda dengan Kebijakan Jokowi?

Ira Guslina Sufa
17 Desember 2023, 17:23
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti debat perdana Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menyatakan program bansos plus yang akan digulirkan oleh calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan berbeda dengan yang saat ini sudah dijalankan oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu perbedaan terletak pada kualitas dan kuantitas penerima bansos. 

"Program bansos plus ini yang akan diperbaiki tata kelolanya," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN Reynaldi Sarijowan seperti dikutip Minggu (17/12). 

Menurut Reynaldi perubahan yang dibawa oleh pasangan calon nomor urut 1 itu tidak selamanya meniadakan apa yang telah ada di masa Jokowi. Salah satunya adalah mengenai program bansos yang saat ini telah dilakukan oleh Jokowi. Ia menyebutkan Anies dan Muhaimin menawarkan perubahan untuk meningkatkan kualitas program ke ranah lebih baik.

Reynaldi mengatakan untuk program bansos yang saat ini sudah berjalan nantinya akan diperbaiki oleh tim AMIN dengan memperhatikan tata kelola bansos. Selain itu menurut dia data penerima bansos juga akan diperbaiki dan disempurnakan. Ia menyebut hingga saat ini data penerima masih banyak yang tidak tepat, bahkan yang seharusnya menjadi penerima malah tidak begitu sebaliknya.

"Bansos plus itu sebenarnya meningkatkan kualitas dan kuantitas program, dan manfaatnya bisa lebih luas lagi," ujar Reynaldi. 

Sebelumnya, saat berkampanye di Provinsi Riau, Capres Anies Baswedan memperkenalkan program bansos plus, yang merupakan upgrade dari program sebelumnya. Program tersebut, kata Anies, sekaligus memperkuat salah satu poin perubahan, yakni meningkatkan apa yang sudah baik. Bansos plus ini memiliki tiga poin utama, yakni plus manfaatnya, plus penerimanya, plus layanannya.

"Artinya data penerima diperbaiki, dan plus layanannya yang artinya negara memberikan pelayanan terbaik kepada semua penerima bansos plus," kata Anies. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...