Hati-hati, BMKG Prediksi Hujan Petir Landa Sebagian Wilayah Hari Ini

Ira Guslina Sufa
18 Desember 2023, 07:26
BMKG prediksi hujan petir
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Petir terlihat di kawasan pesisir Indramayu, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai kilat atau petir bakal mendominasi cuaca sebagian wilayah di Indonesia pada Senin (18/12). Situs BMKG, di Jakarta, Senin, menyebutkan hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di 24 provinsi. 

Daerah-daerah yang diperkirakan bakal mengalami hujan disertai petir adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Untuk daerah di Jawa yang diperkirakan mengalami hujan lebat dan petir adalah Jawa Barat, dan Jawa Timur. 

Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di  Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah daerah di 5 provinsi di wilayah Kalimantan hampir rata dilanda hujan disertai petir. Adapun di Sulawesi fenomena serupa diperkirakan terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. Daerah lain di Indonesia Timur yang diperkirakan dilanda hujan disertai petir adalah Maluku, dan Papua Barat.

Sementara itu provinsi dengan potensi angin kencang yakni Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

BMKG menyampaikan berdasarkan model filter spasial Madden Julian Oscillation (MJO) pada 18-19 Desember 2023, gangguan fenomena MJO secara spasial terpantau aktif di NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Seram, dan Laut Arafura. Fenomena ini berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

BMKG Beri Panduan Libur Nataru di Wisata Alam 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat untuk selalu memantau prakiraan cuaca jika hendak berwisata saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan perhatian perlu ditingkatkan bila ingin berwisata alam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...