Ganjar Sambut Kesiapan Kaesang Maju Pemilihan Gubernur Jawa Tengah

Ira Guslina Sufa
18 Desember 2023, 09:43
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pidato politiknya di depan simpatisan, relawan dan caleg se-Magelang saat melakukan konsolidasi pemenangan di Desa Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyambut baik rencana Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah pada 2024. Meski begitu Ganjar tidak menjelaskan alasan sehingga ia menyebut pilihan Kaesang itu sebagai hal positif. 

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu hanya mengatakan bahwa ada hal baik dengan majunya putra Presiden Joko Widodo itu di pilgub. “Bagus, ikuti aja, menarik itu,” ujar Ganjar usai menyapa warga di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12). 

Sebelumnya, Minggu (17/12), Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan tidak masalah jika dirinya diminta warga untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. Kesanggupannya itu disampaikan saat dirinya ditanya panitia acara "Car Free Day Bersama Relawan Plat K untuk Generasi Optimis" di Alun-alun Jepara, Jawa Tengah.

Saat acara berlangsung, panitia acara bertanya apakah Kaesang bersedia jika diminta warga untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. Kaesang kemudian menjawab, "Yo, mboten nopo-nopo (Ya, tidak apa-apa)," kata dia.

Saat ini Kaesang bersama PSI merupakan salah satu partai pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden. Kaesang menjabat ketua umum PSI sejak 26 September 2023. Penunjukan Kaesang sebagai ketua umum terbilang cepat lantaran ia baru masuk di partai itu dua hari sebelum ditetapkan sebagai ketua. 

Penunjukan Kaesang sebagai ketua umum PSI  selanjutnya diikuti oleh penetapan Gibran sebagai capres yang didukung PSI. Gibran sebelumnya merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ia justru menjadi cawapres Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Gerindra. 

Sementara itu PDIP telah menunjuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai capres dan cawapres. Kandidat lain yang turut bertarung di pilpres adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

Komisi Pemilihan Umum pun telah menjadwalkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...