Sidang Putusan Praperadilan Firli Bahuri, Polisi Harap Hakim Objektif

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2023, 10:09
Firli Bahuri
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Ketua Tim Hukum Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes Putu Putera Sadana (tengah) menyampaikan tanggapan atas permohonan Firli Bahuri saat sidang perdana praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang putusan gugatan praperadilan yang diajukan Ketua KPK non-aktif Firli Bahuri pada hari ini, Selasa (19/12). Sidang digelar sehari setelah PN Jakarta Selatan menerima berkas kesimpulan yang diserahkan pihak Firli maupun kepolisian.

Menanggapi pelaksanaan sidang putusan Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Putu Putera Sadana berharap hakim bisa memberikan keputusan yang tepat. "Kami berharap hakim memberikan putusan yang lebih objektif karena fakta-fakta hukum sudah jelas mulai dari saksi fakta dan lainnya," kata Putu Putera Sadana seperti dikutip Selasa (19/12). 

Putu juga menjelaskan pihaknya telah menemukan sejumlah temuan baru terkait perkara tersebut, salah satunya dokumen yang disampaikan  Firli saat sidang praperadilan. Temuan itu menurut Putu perlu dipertanyakan kepada saksi fakta dan juga ahli. 

Putu juga menambahkan ada beberapa dokumen yang tidak satu garis (linier) terhadap kasus yang disampaikan pemohon. Salah satunya adalah dokumen-dokumen yang tidak ada konteksnya.

 "Kami menyidik dugaan pemerasan yang dilakukan oleh tersangka. Di mana ini terjadi di Kementerian Pertanian. Namun ada beberapa dokumen yang tidak linier di Kementerian Perhubungan dalam hal ini, kereta api, " kata Putu lagi.

 Putu juga menjelaskan pihaknya telah memiliki empat alat bukti yang akan memberikan kepastian hukum. Ia berharap hakim bisa mempertimbangkan temuan yang terungkap selama sidang. 

Penyidik Polda Metro Jaya dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengungkapkan adanya temuan fakta bahwa Firli Bahuri terlibat dalam kasus pemerasan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...