Ganjar Sentil Pemerintah Soal Informasi Pasokan Pupuk ke Petani

Ade Rosman
19 Desember 2023, 18:29
ganjar, pupuk, prabowo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) menyapa seorang petani di Dusun Bakal, Desa Sumberarum, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan pernyataan pemerintah mengenai ketersediaan pupuk tak sesuai dengan fakta di lapangan. Hal itu Ganjar sampaikan saat mengisi acara Food & Agriculture Summit III, dialog calon presiden RI 2024-2029  di IPB International Convention Center (IICC), Botani, Bogor, Selasa (19/12).

Mulanya, Ganjar menceritakan mengenai ketersediaan pupuk yang sempat dibahas dalam debat perdana capres 12 Desember 2023 lalu. Ganjar, yang kala itu disinggung soal kelangkaan pupuk oleh Prabowo Subianto, mengatakan pupuk yang langka tak hanya terjadi di Jawa Tengah.

Kemudian, ia lalu menyinggung situasi usai debat capres, di mana pemerintah akhirnya buka suara terkait kondisi ketersediaan pupuk. Ganjar mengatakan pemerintah langsung mengumpulkan penyuluh hingga distributor.

"Menyampaikan kepada masyarakat, tenang pupuk ada. Itu bahasa yang saya dengar," kata Ganjar.

Namun, menurut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut, kondisi yang didapatinya di lapangan tidak demikian. "Tapi faktanya sebenarnya tidak seperti itu. Kita butuh integritas dan jujur soal itu," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...