Kemenkes Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun

Ferrika Lukmana Sari
20 Desember 2023, 06:22
Covid-19
ANTARA FOTO/Putu Indah Savitri/Ak/foc.
Seorang petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 penguat kedua di Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan warga yang berusia 50 tahun ke atas harus sudah melengkapi dosis vaksinasi COVID-19 dengan empat dosis untuk mencegah penularan virus imbas lonjakan kasus sejak 13 November 2023.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melakukan penjagaan di tempat-tempat wisata mewaspadai lonjakan kasus, karena jumlah pengunjung akan naik pada libur Natal dan tahun baru 2024.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi mengatakan, potensi peningkatan kasus Covid-19 pasti ada, karena mobilitas masyarakat meningkat di tempat wisata.

"Tetapi [perlu] dijaga, kita terus memonitor apakah ada kasus baru dengan galur baru selain Omicron, kita selalu memantau tingkat keterisian ICU nya, berapa yang membutuhkan perawatan serius, kalau di rumah sakit itu masih cukup banyak ketersediaan, berarti masih terkendali," kata Imran dikutip dari Antara, Rabu (20/12).

Kemenkes, lanjut dia, juga telah membuat edaran kepada pemerintah daerah untuk memastikan fasilitas kesehatan (faskes) siap dari segi obat-obatan, tenaga kesehatan, maupun logistik.

"Dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) juga sudah memberikan perhatian, menyampaikan kepada faskes-faskes agar logistik, tenaga kesehatan disiapkan di akhir tahun ini," ujarnya.

Selain itu, meminta rumah sakit untuk menyiapkan oksigen dan obat-obatan. "Itu sudah kami lakukan, sehingga kalau terjadi lonjakan, kita enggak gagap," ujar dia.

Imran juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan benar, dan mengurangi mobilitas yang tidak penting. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin penguat atau booster, diminta segera mendatangai fasilitas kesehatan terdekat. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...