Erick Thohir Bicara Soal SGIE yang Diangkat Gibran Saat Debat Cawapres

Happy Fajrian
24 Desember 2023, 12:27
erick thohir, debat cawapres, gibran, muhaimin, sgie
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada peluncuran logo dan tagline baru PT PELNI (Persero) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Menteri BUMN sekaligus Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Erick Thohir menanggapi topik SGIE yang ditanyakan calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar.

Menurut Erick, topik SGIE atau State of Global Islamic Economy ini bukan topik sembarangan karena ekonomi dan keuangan syariah sangat krusial, terutama bagi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia.

“Apresiasi untuk mas Gibran yang sudah mengangkat isu SGIE. Saya mengapresiasi para pemimpin, utamanya pemimpin muda yang punya komitmen pada ekonomi syariah,” kata Erick seperti dikutip dari unggahan video melalui akun Instagram-nya, @erickthohir, Minggu (24/12).

Erick mengakui bahwa kemungkinan banyak yang tidak mengetahui soal SGIE dan posisi Indonesia di dalam SGIE. Namun Indonesia berada pada peringkat ke-4 dalam sektor ekonomi syariah di bawah Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Dia menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar menjadi nomor satu di SGIE karena secara statistik, Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia.

“Harapannya semoga calon pemimpin kita bisa benar-benar memahami SGIE dan seberapa penting sektor ini untuk Indonesia. Karena ini dapat menjadi satu topangan baru untuk kemajuan ekonomi yang adil, cepat, dan stabil,” ujarnya.

“Semoga kita bisa mencontoh komitmen dan semangat mas Gibran demi kesuksesan ekonomi syariah Indonesia,” kata Erick menutup videonya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Taktik Jebakan Gibran

Gibran sempat membuat bingung dua lawannya dengan pertanyaannya terkait SGIE kepada Muhaimin Iskandar dan terkait carbon capture atau penangkapan karbon kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...