Tungku Smelter PT ITSS Meledak dan Tewaskan 12 Orang, Ini Penyebabnya

Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2023, 15:21
smelter, ledakan, morowali
Antara
Suasana fasilitas kesehatan usai ledakan tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12). Foto: Antara

Ledakan tungku smelter terjadi pada salah satu pabrik pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali. Akibat kejadian tersebut, 12 pekerja meninggal dunia.

Kejadian tersebut bermula pada 05.30 WITA, saat sejumlah pekerja memperbaiki tungku dan memasang pelat. Hasil investigasi awal, penyebab ledakan karena bagian bawah tungku terdapat cairan pemicu ledakan.

Ledakan terjadi saat proses perbaikan itu terjadi. Di lokasi juga terdapat beberapa tabung oksigen untuk mengelas dan memotong komponen tungku.

"Akibatnya ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen ikut meledak," demikian penjelasan resmi PT ITSS, Minggu (24/12).

Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 09.10 WITA. Sedangkan korban kecelakaan dibawah ke klinik dan fasilitas kesehatan milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Adapun 12 korban jiwa terdiri dari 7 pekerja warga Indonesia serta 5 warga negara asing (WNA). Sedangkan korban luka ringan dan berat mencapai 38 orang.

PT IMIP telah menerbangkan jenazah korban ke kampung halaman mereka masing-masing. Perusahaan tersebut juga menyatakan akan menanggung seluruh biaya perawatan dan memenuhi hak para korban.

Sedangkan kepolisian saat ini telah berada di lokasi kejadian. Mereka akan menelusuri penyebab utama ledakan tungku smelter itu.

"Kami masih mendalami penyebab peristiwa ini," kata Humas Polres Morowali Ipda Abdul Hamid, Minggu (24/12) dikutip dari Antara.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...