Jurus SGIE Gibran dalam Debat Cawapres Dikritik Anies, Dibela Kaesang

Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2023, 17:43
gibran, sgie, anies, kaesang
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan gagasannya disaksikan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Urusan State of Global Islamic Economy (SGIE) yang dilontarkan Gibran Rakabuming Raka saat debat calon wakil presiden pada Jumat (22/12) lalu menimbulkan kontroversi. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep membela kakak sulungnya.

Kaesang mengatakan performa Gibran dalam debat secara umum sangat baik dan bisa mendominasi. Soal SGIE, ia meminta masyarakat yang menilai kemampuan masing-masing cawapres.

"Balik lagi, saya rasa kita melihat Mas Gibran overall (keseluruhan) sangat baik," kata Kaesang di Jakarta, Minggu (24/12) dikutip dari Antara.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu juga mengatakan penampilan Gibran menjawab keraguan masyarakat soal kemampuan komunikasi publiknya.

"Ketika orang-orang meninggikan dirinya sendiri biasanya akan direndahkan, biasanya orang yang direndahkan akan ditinggikan," katanya.

Sebelumnya Anies mempertanyakan kualitas pernyataan yang disampaikan Gibran soal SGIE. Ia meminta masyarakat menilai pertanyaan tersebut apakah cerdas cermat atau gagasan ideologi yang diwujudkan lewat kebijakan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...