Fakta Terkini Ledakan Tungku Smelter ITSS Morowali, Polri Turun Tangan

Ameidyo Daud Nasution
25 Desember 2023, 20:36
Suasana fasilitas kesehatan usai ledakan tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12). Foto: Antara
Antara
Suasana fasilitas kesehatan usai ledakan tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12). Foto: Antara

Ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah berbuntut panjang. Pemerintah hingga Polda Sulawesi Tengah membentuk tim khusus untuk menyelidiki kecelakaan yang menewaskan 13 orang itu.

Terbaru, Kementerian Ketenagakerjaan menurunkan tim pengawas ke Kabupaten Morowali. Tim tersebut mulai bekerja hari ini dengan berkoordinasi bersama Dinas Tenaga Kerja Sulten dan perusahaan.

Penyelidikan diperlukan karena industri peleburan logan merupakan industri dengan risiko bahaya tinggi. Makanya perusahaan perlu menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Pembinaan dilakukan termasuk memastikan prosedur dan personel K3 memenuhi standar K3," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kemnaker Haiyani Rumondang pada Senin (25/12) dikutip dari Antara.

Berikut beberapa fakta terkini kejadian tersebut:

13 Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat ledakan tungku bertambah dari sebelumnya 12 orang menjadi 13 orang. Jumlah tersebut terdiri dari lima tenaga kerja asing serta delapan pekerja asal Indonesia. Sedangkan jumlah korban luka-luka sebanyak 39 orang.

PT Indonesia Morowali Industrial Park IMIP juga akan menanggung biaya perawatan korban, termasuk kenyamanan emosional kepada keluarga korban. Mereka juga berkoordinasi dengan kepolisian hingga pemda setempat.

"PT IMIP berkoordinasi dengan pihak terkait, antara lain Safety ITSS, PAM Obvitnas Kawasan IMIP, Polda Sulteng, Danrem 132/Tadulako, dan jajaran pemerintah Kecamatan Bahodopi serta Pemerintah Kabupaten Morowali," kata Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan di Palu, Sulawesi Tengah, (24/12) dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...