Survei Indikator: Usai Debat, Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik

Safrezi Fitra
26 Desember 2023, 16:25
Survei, survei terbaru, elektabilitas capres, elektabilitas prabowo-gibran, elektabilitas ganjar-mahfud, elektabilitas anies muhaimin, survei pasca debat capres, debat capres, elektabilitas setelah debat
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto

Indikator Politik Indonesia merilis survei terbaru elektabilitas pasangan calon dalam Pilpres 2024 yang dilakukan setelah debat perdana alon presiden dan calon wakil presiden beberapa waktu lalu. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul atas dua pasangan calon lainnya.

Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei ini melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Para responden survei diberikan pertanyaan 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama pasangan berikut ini?'. Sebanyak 46,7 persen responden memilih Prabowo-Gibran.

Adapun responden yang menjawab memilih pasangan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hanya 24,5 persen. Sementara yang memilih calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hanya 21 persen.

"Elektabilitas Anies sedikit turun, elektabilitas Prabowo-Gibran sedikit naik. Elektabilitas Ganjar stagnan," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan hasil survei tersebut secara daring, Selasa (26/12).

Dibandingkan dengan survei akhir November, elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami peningkatan signifikan, naik dari 45,6 persen menjadi 46,7 persen. Sementara Anies-Muhaimin terus mengalami penurunan elektabilitas dari 23 persen menjadi 22,3 persen pada 3-5 Desember, dan terakhir 21 persen pada 23-24 Desember 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...