Suara Ganjar Jeblok versi Survei, Hasto Sindir Elektabilitas Prabowo

Ade Rosman
12 Desember 2023, 19:02
Hasto Kristiyanto saat Debat Calon Presiden di KPU, Selasa (12/12)
Katadata/Ade Rosman
Hasto Kristiyanto saat Debat Calon Presiden di KPU, Selasa (12/12)

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengomentari temuan survei yang dirilis sejumlah lembaga dalam sepekan terakhir. Dalam temuan survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas, Ganjar Pranowo - Mahfud MD hanya meraih 15,3% suara. Dengan raihan itu Ganjar berada di posisi ketiga. 

Pada posisi pertama ada pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih suara 39,3%.  Selanjutnya di urutan kedua pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar meraup suara 16,7%. 

Dibanding survei Agustus 2023, Ganjar berada di urutan pertama dengan suara 24,9% dan Anies di urutan ketiga dengan 12,7% suara. Adapun Prabowo saat itu meraih 24,6% suara. 

Menurut Hasto, hasil survei yang sekarang beredar belum bisa menjadi gambaran hasil pilpres. Hasto malah balik menyindir Prabowo yang ia nilai seharusnya bisa memperoleh suara lebih besar. 

"Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan itu pasangan Pak Prabowo kan hanya 38%, padahal seharusnya bisa jauh lebih banyak, karena itu rakyat memberikan catatan terkait dengan berbagai bentuk intimidasi," kata Hasto kepada wartawan di depan Kantor KPU, Selasa (12/12).

Hasto mengomentari hal itu saat menghadiri acara debat perdana calon presiden 2024. Ia tiba terlebih dahulu sebelum acara dimulai dan sebelum pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tiba di lokasi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...